PADEPOKAN DEWA RUCI - MAGELANG

PADEPOKAN DEWA RUCI - MAGELANG

PADEPOKAN DEWA RUCI, Kerajinan patung batu putih atau hitam berbentuk religi maupun hewan. Mulai dari patung Bunda Maria, patung Yesus, patung Singa, Domba maupun hewan lainnya yang tampak seperti aslinya.

Salah satu yang sangat terkenal di Kabupaten Magelang adalah kerajinan patungnya. Bahkan sebagian besar kebutuhan patung di Pulau Bali banyak yang didatangkan dari Kabupaten Magelang baik patung untuk sesembahan para umat hindu dan budha maupun patung-patung untuk konsumsi cinderamata dan dinikmati sebagai salah satu karya seni.

Terutama di sepanjang jalan Semarang-Yogyakarta, terdapat beberapa sanggar yang membuat kerajinan batu, seperti patung, relief, gapura, cobek dan lainnya. Sanggar-sanggar tersebut, berkembang begitu pesat dengan orientasi komersial, termasuk pembuatan duplikasi arca peninggalan sejarah.

Beragam jenis patung ini, merupakan buatan para perajin di Kabupaten Magelang. Bentuknya yang halus dan sangat mirip dengan aslinya membuat kerajinan ini menembus pasar internasional, seperti Eropa, Jepang dan Amerika Serikat.

Adalah Bp.Atek SP pemilik PADEPOKAN DEWA RUCI, menekuni pembuatan patung dari batu putih/paras sudah lebih dari 3 tahun. Setiap hari, bengkel produksinya tidak pernah berhenti membuat berbagai jenis patung dari bahan batu putih, batu hitam, batu hijau bahkan dari bahan kayu.

Pembuatan patung sangat membutuhkan ketelitian, dan harus memahami benar bentuk dan jenis patung yang akan dibuat. Hasil karyanya sudah cukup banyak mulai dari patung-patung religi, patung realiese, dan relief. Patung-patung tersebut memiliki ukuran yang beraneka ragam. Dari yang kecil hingga besar mencapai tinggi 2-3 meter.

Krisis ekonomi global yang melanda dunia belakangan ini, juga mempengaruhi jumlah pesanan yang menjadi berkurang. Namun dengan efisiensi, usaha kerajinan patung ini tetap menjanjikan keuntungan.