PANTAI TELUK PENYU NAN INDAH - CILACAP

20 November 2010
PANTAI TELUK PENYU NAN INDAH - CILACAP

Satu lagi keindahan alam Indonesia yang tidak ada habisnya.....!!! Adalah Pantai Teluk Penyu yang merupakan salah satu tempat wisata andalan Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah selain Benteng Pendem. Sangat cocok sebagai pelepas penat dan penghilang stres.

Pantai Teluk Penyu terletak di kecamatan Cilacap Selatan dengan jarak 2 km ke arah timur dari pusat kota Kabupaten Cilacap dan dapat dijangkau dengan kendaraan umum dan pribadi.

Kawasan pantai yang membujur dari utara (Pelabuhan Perikanan Samudra Cilacap), ke selatan (Pulau Nusakambangan) dengan panorama gelombang laut yang cukup besar, kapal-kapal tanker yang keluar masuk Pelabuhan Tanjung Intan dan perahu-perahu nelayan tradisional yang berlalu lalang di sepanjang pantai Teluk Penyu serta tegarnya Kilang Pertamina dan Pulau Nusakambangan menambah indahnya suasana pantai.

Berbagai makanan khas hasil laut dan cinderamata dapat dijumpai dengan mudah di sepanjang pantai dan dengan mudah dapat dijumpai dan selalu dekat dengan wisatawan yang berkunjung ke pantai Teluk Penyu sepanjang hari hingga tengah malam.


Pantai Teluk Penyu memiliki keindahan yang berbeda jika dibandingkan dengan pantai-pantai yang lain. Ciri khas pantai selatan adalah pasir hitamnya yang memanjang dengan ombak besar.Anda dapat bermain pasir atau bahkan berenang di pantai. Tidak usah khawatir dengan keamanan karena tim SAR Wijayakusuma selalu siap sebagai regu “baywatch”, namun demikian Anda pun harus tetap hati-hati.

Anda juga bisa berjalan menuju tengah laut karena sepanjang pantai berdiri pemecah ombak sepanjang kurang lebih 200 meter dari bibir pantai. Bukan sekadar berjalan-jalan ke tengah laut, Anda juga bisa memancing jika punya waktu liburan yang lumayan lama.

Bagi yang ingin tantangan lain, ada juga nelayan yang siap menyewakan perahunya untuk berlayar menyeberang ke Pulau Nusa Kambangan. Nelayan di sana menjadikan perahunya sebagai usaha sampingan. Hampir para wisatawan terutama dari luar kota ikut menyeberang ke Pulau Nusakambangan.

Hal ini tidak mengherankan karena Pulau Nusakambangan adalah tempat yang paling terkenal dan membuat penasaran. Pulau inilah yang dikenal sebagai pulau penjara karena di pulau inilah terletak penjara Nusakambangan yang terkenal menampung para penjahat kelas kakap.

Tarif masuknya pun tidak mahal dan sangat terjangkau, hanya Rp 2.500,- saja.