pegunungan merbabu

12 Juni 2010
pegunungan merbabu

Gunung Merbabu terletak di Jawa Tengah dengan ketinggian 3142m dpl yang terdiri dari 3 puncak dan 5 kawah yang tidak aktif lagi, selain mempunyai keindahan juga menantang untuk didaki. Pendakian Gunung Merbabu bisa melalui 3 jalur alternatif.

Indonesia adalah satu-satunya negara yang terletak di antara dua patahan lempengan bumi, jadi tak heran jika di Indonesia banyak sekali gunung dan pegunungan. Berpuluh-puluh bahkan beratus-ratus gunung berjajar dari ujung barat nusantara sampai ujung timur nusantara.


gunung Merbabu ditunjuk berdasarkan Keputusan Menteri Kehutanan No. 135/Menhut-II/2004 tanggal 4 Mei 2004 tentang perubahan fungsi kawasan hutan lindung dan taman wisata alam pada kelompok hutan Merbabu seluas 5.725 hektar. Kawasan ini dinilai penting sebagai sumber mata air  bagi masyarakat yang tinggal di sekitarnya. Selain itu, kawasan hutan Merbabu juga merupakan habitat flora dan fauna yang dilindungi dan dilestarikan. Sistem pengelolaan taman nasional yang diterapkan diharapkan mampu untuk melestarikan dan mengembangkan kawasan konservasi ini sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.Gunung Merbabu terletak di jawa tengah dengan ketinggian 3.142M dpl pada puncak Kenteng Songo. Gunung Merbabu berasal dari kata "meru" yang berarti gunung dan "babu" yang berarti wanita. Gunung ini dikenal sebagai gunung tidur meskipun sebenarnya memiliki 5 buah kawah: kawah Condrodimuko, kawah Kombang, Kendang, Rebab, dan kawah Sambernyowo.


sdangkan puncak Gn.Merbabu dapat ditempuh dari Cunthel, Thekelan, (Kopeng / Salatiga) Wekas (Kaponan / Magelang) atau dari selo (Boyolali). Perjalanan akan sangat menarik bila Anda berangkat dari jalur Utara (Wekas, Cunthel, Thekelan) turun kembali lewat jalur selatan (Selo). karena Pemandangan yang sangat indah dan dapat disaksikan disepanjang perjalanan tersebut. Banyak terdapat gunung disekitar gunung Merbabu.