"RAWA PENING" NUANSA PEMANDANGAN YANG INDAH DIAMBARAWA

20 Desember 2010

Tidak dapat di pungkiri lagi kenapa rawa pening menjadi salah satu wisata andalan Kota Semarang di Jawa Tengah, keindahan yang amat sangat menakjubkan mata kita semua.

 

Bagi anda yang pernah ke Semarang pasti tidak asing lagi tentang rawa pening, sebuah danau yang ada di wilayah Jawa Tengah, yah ... tepatnya di Ambarawa yang konon menurut cerita danau ini hanya berasal dari pancaran air yang mengalir dari bekas lobang sebatang lidi yang dicabut dari tanah, mungkin anda pernah mendengar cerita legenda Baruklinting seorang bocah yang melatari cerita legenda danau tersebut.

Kalau anda suatu saat pergi ke semarang atau mungkin melewati Semarang nggak ada salahnya kalau anda menyempatkan diri untuk singgah kesana, karena anda akan disuguhi dengan pemandangan alam yang indah selain itu jalur yang harus dilaluipun cukup mudah. Jalur menuju rawa pening dapat ditempuh dari jalan raya Semarang-Salatiga. Anda bisa mengajak teman atau keluarga karena tempat ini memang cocok untuk dijadikan tempat wisata bersama keluarga.

Selain bisa menikmati keindahan alamnya anda dapat juga menyewa perahu yang telah tersedia, dimana anda bisa  berkeliling seputar danau, melihat enceng gondok dan kehidupan nelayan sekitar. Ongkos yang harus kita keluarkan untuk menyewa perahu hanya 25000/jam untuk sebuah perahu dengan kapasitas 10 sampai 15 orang.

Untuk wisata kuliner di sekitar rawa pening anda dapat mengunjungi rumah makan tradisional dan kedai yang banyak menyediakan gurame bakar. Sedangkan bagi anda yang sangat suka potret memotret/fotografi, keindahan rawa pening ini sangat unik. Terutama dipagi hari pada saat sunrise, sangat disarankan anda datang ke taman rawa pening pada jam 5.00 pada saat sunrise. Dan menunggu di dermaga tepi danau untuk memotret keindahan panorama danau rawa pening. Konon suasana pagi di rawa pening sangat misterius dan mistis. Dan sangat indah untuk diabadikan lewat sebuah kamera, menjelang pagi anda dapat melanjutkan hunting anda dengan menaiki kapal yang disewakan di dermaga, biasanya pada saat pagi para nelayan sedang aktif menjala dan mencari ikan di danau yang banyak terdapat eceng gondok tersebut, danau rawa pening ini sangatlah luas. Kalau anda lupa waktu mungkin tidak akan terasa matahari tepat diatas. Selain itu ada juga musium kereta di ambarawa, tidak ada salahnya anda mampir ke taman Wisata Rawa Pening ini.