Gereja Ayam (Banyak angkrem), Borobudur

25 Januari 2015
Gereja Ayam (Banyak angkrem), Borobudur

Giant Chicken Church atau Gereja ayam adalah nama yang cukup populer dikalangan para wisatawan lokal dan mancanegara yang berkunjung ke Jawa Tengah, dengan pemandangan Candi borobudur dan perbukitan Suroloyo membuat tempat ini banyak mendapat kunjungan wisatawan.

Gereja Ayam (Banyak angkrem), Borobudur
Gereja umumnya dipakai sebagai tempat beribadah oleh umat kristiani, begitu juga dengan tujuan awal pembangunan gereja yang satu ini, terletak disebuah bukit di dekat kawasan Candi Borobudur , yaitu bukit Rhema, bangunan gereja yang oleh masyarakat setempat disebut Banyak Angkrem atau dalam bahasa Indonesia berarti Angsa mengeram ini dibangun sekitar tahun 80-an dengan tujuan awal memang untuk menjadi sebuah tempat ibadah sampai akhirnya dibiarkan terbengkalai sebagai bangunan yang tidak pernah benar-benar selesai dikerjakan lantas kemudian lebih dikenal dengan sebutan Giant Chicken Church dan menjadi salah satu tujuan wisata di Jawa Tengah.
 
Giant Chicken Church atau Gereja ayam adalah nama yang cukup populer  dikalangan para wisatawan lokal dan mancanegara yang berkunjung ke Jawa Tengah, tempatnya yang sangat strategis dengan pemandangan Candi borobudur dan perbukitan Suroloyo disisi lainnya, membuat tempat ini banyak mendapat kunjungan wisatawan.
 
Tidak banyak yang tahu kalau sebenarnya desain Gereja ini bukanlah ayam tapi merpati, karena bentuknya lebih mirip ayam maka orang-orang pun menyebutnya demikian. Pada lantai atas bangunan ini dapat dilihat sebuah lubang berbentuk plus yang mungkin maksud dari bentuk salib pada awalnya, diruangan yang besar tanpa sekat itu dapat anda saksikan bahwa tempat itu terlihat seperti sebuah aula besar yang dapat menampung banyak orang untuk keperluan ibadah seperti yang biasa ditemukan di gereja-gereja lain.

Sedangkan pada lantai bawah bangunan dengan ornamen Vintage itu terdapat banyak ruangan dengan sekat tertutup tanpa jendela dan pintu serta tangga berbetuk aneh yang menghubungkan ruangan atas dan ruangan bawah.