Karimunjawa Island, Kepingan Surga Bawah Laut Jawa

26 Juni 2012
Karimunjawa Island, Kepingan Surga Bawah Laut Jawa

Taman Nasional Karimunjawa, walau tak setenar Bunaken, Bali, Lombok atau Wisata Laut lainya keindahan yang tersimpan tak kalah menariknya. Kepingan Surga yang sesuai untuk liburan akhir tahun keluarga. Berbagai habitat laut dan satwa darat melengkapi taman ini.

Mungkin tak sepopuler Bali, Lombok, atau Bunaken. Namun, keindahan alam laut kepulauan Karimunjawa yang terletak di laut jawa  ± 83 km dari Kota Jepara tak kalah luar biasa. Menjadi salah satu dari 9 Taman  Laut Nasional di Indonesia dengan 27 pulau, lima buah pulau diantaranya telah berpenghuni yaitu Pulau Karimunjawa, Pulau Kemujan, Pulau Parang, Pulau Nyamuk, dan Pulau Genting sementara sisanya adalah pulau-pulau perawan tak berpenduduk. Terdapat 5 jenis ekosistem di kepulauan ini berupa  terumbu karang, rumput laut, hutan bakau, hutan pantai, dan hutan hujan tropis dataran rendah dengan keanekaragaman hayati yang sangat tinggi.

Snorkeling menikmati tak kurang dari 69 marga karang keras dan 353 spesies ikan karang hidup di perairan laut tropisnya. Menikmati warna-warni terumbu karang, atau menyaksikan tarian ikan-ikan imut menggemaskan menjadi pengalaman tak terlupakan. Keindahan biota lautnyamenjadi salah satu alasan utama untuk mengunjungi Karimunjawa.

Selain itu, berpetualang menikmati beraneka satwa darat yang umum dijumpai antara lain kera ekor panjangrusa, 40 jenis burung seperti pergam hijau, elang langka laut perut putih yang terancam punah, merbah cerukcuk, betet, penyu sisik, penyu hijau dan ular edhor.  Walaupun keanekaragaman satwa darat ini tak sebanyak satwa di laut, hal ini tetap menjadikan daya tarik lain dari Karimunjawa.

Untuk menuju Taman Nasional ini cukup mudah, anda bisa melalui jalur Semarang atau Jepara. Kita akan menemukan kapal-kapal  yang siap akan  mengantarkan sampai tujuan.