LENTOG TANJUNG: LEZATNYA LONTONG RAKSASA KOTA KUDUS

15 November 2011
LENTOG TANJUNG: LEZATNYA LONTONG RAKSASA KOTA KUDUS

Berjalan-jalan di kota kuliner Kudus, sempatkan untuk menyantap menu lontong raksasa ini. Namanya Lentog Tanjung. Meski penyajiannya sederhana, namun rasanya sangat lezat.

Kota Kudus, boleh jadi memang gudangnya kuliner. Aneka makanan khas yang lezat tersaji sedemikian lengkap di kota kretek ini. Sebut saja pindang kerbau, soto kerbau, soto ayam, sate kerbau, nasi tahu, pecel cungor, opor panggang, dan masih banyak lagi yang lain.

Pendek kata, ketika anda mencoba singgah dan menginap beberapa malam, anda bisa saja menikmati menu yang selalu berbeda, saat waktu makan tiba. Salah satu yang sayang untuk dilewatkan adalah Lentog Tanjung. Ya, sesuai dengan namanya, makanan ini memang berasal dari Desa Tanjung, Kecamatan Jati, Kudus.

Lentog sendiri bagi warga daerah lain, barangkali lebih akrab disebut dengan istilah 
lontong. Sehingga jika diartikan secara sederhana mungkin menjadi lontong dari Desa Tanjung. Hanya yang membedakan, lentog ini ukurannya jauh lebih besar dibandingkan dengan lontong di daerah lain.

Lentog Tanjung paling pas disuguhkan sebagai menu sarapan. Itu sebabnya setiap pagi hari, puluhan penjual lentog berderet rapi di kios-kios permanen yang telah disediakan, di kawasan Tanjung. Biasanya mereka berjualan dari jam lima pagi hingga jam sepuluh.

Lentog Tanjung disajikan dalam bentuk potongan-potongan kecil dan dilengkapi dengan sayur nangka muda bersantan (menyerupai gudeg, namun warnanya pucat dan rasanya tidak semanis gudeg), juga masih ditambah sayur tempe dan tahu pedas. Jika masih kurang pedas, anda bisa menambahkan cabe rawit kukus yang telah disediakan dalam mangkuk, sesuai selera.  

Bisa juga menambahkan beberapa lauk, seperti sate usus, sate telur puyuh, bakwan, kerupuk dan lain-lain. Penyajiannya memang sangat sederhana, tapi rasanya sangat lezat. Apalagi jika dinikmati saat pagi hari, terutama sehabis berolahraga. Jangan ragu untuk nambah, karena lentog dan juga kuliner-kuliner lainnya di Kota Kudus umumnya dihidangkan dalam porsi kecil.

Selain di Desa Tanjung, kuliner ini juga mudah didapati di hampir setiap sudut Kota Kudus. Terutama di kawasan Wergu, tepatnya di dekat Gelanggang Olah Raga (GOR) Wergu, juga terdapat sentra penjual Lentog Tanjung yang tak kalah lezatnya. Selamat mencicipi. (Japro)